Duplikat Title dan Duplikat Konten blog

, ,
Ping
Duplikat Title dan Duplikat Konten blog - Mungkin masih banyak sahabat blogger yang bertanya apa itu duplikat konten, title, dan deskripsi. Dipostingan sebelumnya bang germo telah jelaskan tentang http://germo-ndeso.blogspot.com/2012/01/cara-mengatasi-duplikat-deskripsi-blog.html yang disebabkan oleh pengaturan meta tag yang kurang pas.
Duplikat Title (Duplicate Title) artinya adalah beberapa halaman yang memiliki judul yang sama. Secara pemikiran mungkinkah kita menulis artikel dengan isi yang benar-benar sama pada 2 halaman yang berbeda? Jelas tidak mungkin. Duplikat title ini terjadi karena adanya perbedaan URL pada blog kita, misalnya http://germo-ndeso.blogspot.com/2012/01/cara-mengatasi-duplikat-deskripsi-blog.html dan http://germo-ndeso.blogspot.com/2012/01/cara-mengatasi-duplikat-deskripsi-blog.html?m=1 dari kedua url di atas sebenarnya sama.
Cara Menghindari Duplikat Title (Duplicate Title) Jika kita kurang teliti masalah ini bisa menyebabkan blog kita tidak di index oleh google karena blog kita dianggap spam. Untuk menghindari duplikat title ini sobat bisa menggunakan meta tag rel=canonical. cari kode <head> pada template blogger yang sobat gunakan dan letakkan kode berikut ini dibawahnya : <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/&gt; meta tag ini memperingatkan crawler untuk tidak menganggap duplikat title jika ada link yang sejenis.
Duplikat Konten (Duplicate Content) - Jika penjelasan di atas adalah tentang adanya title yang 'sama', maka untuk duplikat konten url yang dianggap memiliki duplicate content adalah url yang benar-benar berbeda. Hal ini bisa terjadi karena pada platform blogspot menyediakan fitur arsip yang mana tujuannya adalah untuk mempermudah pengunjung atau pemilik blog melihat daftar tulisannya. Contohnya seperti ini http://germo-ndeso/2012_05_01_archive.html nah alamat arsip ini jika pada bulan dan tanggal tersebut hanya memiliki satu postingan maka isi atau kontennya akan sama dengan link aslinya, hal inilah yang disebut duplikat konten atau duplicate content.
Menghindari Duplikat Konten (Duplicate Content) - Ada beberapa opsi untuk menghindari terjadinya duplikat konten ini, yang pertama sobat bisa matikan fitur arsip pada blog sobat. Caranya masuk ke Settings > Archive > pilih No Archive. Dengan begini maka blog kita akan aman dari yang namanya duplikat konten karena arsip.
Cara ke-2 yaitu bagi anda yang masih ingin menggunakan fitur arsip, misalnya untuk daftar isi gitu, sobat bisa menggunakan pengecekan kondisi pada meta tag yang diletakkan di template sobat, cari kode <head> dan ketikkan kode berikut:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex,noarchive' name='robots'/>
</b:if>

Ya begitulah tulisan Duplikat Title dan Duplikat Konten blog bang germo semoga bermanfaant untuk anda!

2 comments:

Royan Sableng said...

kode yang terakhir di taruh dimananya pak

Aluwy Chelung said...

THans Bang Germo Ane.. Lagi Ngalamin hal ini Sekarang.. Semoga Tips Dari Bang Germo Manjur... Thanks BAng

Post a Comment

Gajah mati boleh meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang,Tetapi janganlah Anda pergi dengan meninggalkan SPAM komentarlah yang baik secara otomatis anda akan mendapatkan backlink dari link komentar Dofollow saya !

BackLink

BackLink !!!!